Jenny, FSTVLST, Gulita Benderang oleh KVLT magazine


apakabar jenny hari ini? line up terkini? saya sering membaca di social media ttg FSTVLST apa itu?dan hubnya dengan JENNY?
kabar baik, jenny ini dulu anak gadis kecil saya dengan 3 bangsat karib saya yang lain, sekarang jenny lagi di masa pubernya, nakal-nakalnya, sampai-sampai 2 dari kami kecapekan dan memutuskan untuk istirahat mengasuhnya. tinggal saya dan Roby Setiawan, founder jenny yang masih ada di band ini. di tambah dengan 2 anggota keluarga baru. ditinggal dua personil utama adalah kehilangan yang sangat besar, namun juga jadi potensi energi yang tidak kalah hebat. kemudian kami putuskan untuk mengistirahatkan juga nama 'JENNY' sebagai penghormatan kami kepada dua personil yang lebih dahulu mundur. biarlah nama 'jenny' seperti mati saja daripada nanti memudar dan hilang jika ternyata saya dan Roby kurang bisa mengurusnya. nama baru yang kami gunakan adalah FSTVLST. nama ini kami dapat sekitar dua tahun lalu, saat itu saya dan robi di pertemukan oleh seorang kurator senirupa, dan ditantang untuk membuat karya bersama, kali ini bukand alam urusan tulis menulis lagu, tapi berseni rupa. tersebutlah nama ini untuk menyebut duo dadakan ini. waktu itu karya kami dipamerkan di pembukaan sebuah galeri di Jakarta. atas sejarah nama tersebut, sejarah panjang band ini, kemudian beberapa kejadian mutakhir yang dialami band ini, ditambah dengan energi yang tidak hilang bahkan semakin membesar, 8 tahun setelah kami bentuk band ini, saya dan Roby memutuskan untuk memakai nama itu mulai dari sekarang. FSTVLST, almost rock barely art, benbenan sampai Tuhan tidak berkenan :). 

jargon ALMOST ROCK BARELY ART buat FSTVLST sendiri itu apa?
jenny itu kebentuknya di kampus senirupa. seperti yang tadi sudah saya bilang, musik (band ini) dan senirupa adalah semacam persimpangan yang sibuk sekali, tidak hanya bagi saya, namun juga bagi personil lain, dan bagi band ini secara utuh. antara kami sengajakan dan memang terbawa dengan sendirinya, apa-apa saja yang kami dapat di kampus seni tersebut tumpah luap di band ini. itu mengapa kami seret si 'ART' di band ini. dan kebetulan musik yang kami mainkan adalah semacam musik ROCK, namun entah dimana letak persisnya rock yang mana. lalu kenapa ALMOST dan BARELY, ini tentang kadar kemampuan kami. band ini harus cukup mawas diri supaya tidak terjebak pada pengkultusan diri sendiri pada hal-hal yang pasti sudah ada yang memuncaki. ALMOST dan BARELY disini bisa juga di samakan dengan softporn, bukan XXX. jadi band ini adalah band yang hampir seperti Art Rock band. Hampir. itu benar-benar kami usahakan dalam segala hal di band ini. karya lagu, artworks, propaganda, stage act, kostum, hampir semuanya. kecuali di manajemen, soalnya manajer band ini anak teknik sipil,dan belum lulus, jadi prinsip manajemen band ini mungkin make kaidah-kaidah beton bertulang atau pondasi cakar ayam.

seberapa penting seni visual bagi FSTVLST?
sepenting gary untuk spongebob. kalo ga ada olah visual, FSTVLST jadi ga lucu :D. apalagi nama FSTVLST  sendiri pada awalnya adalah prototipe dari jenny X senirupa. persilangan ini jadi hal yang sangat penting selalu ada di FSTVLST sekarang. harga mati.

banyak yang sering bertanya, seberapa besar the Strokes dan the Libertines mempengaruhi musikalitas Jenny?
memang, banyak sekali yang menanyakan. bahkan beberapa sampai menyatakan. sejauh yang saya bisa ingat, adanya tekstur dan rasa libertines dan strokes di band ini adalah dosa saya. saya yang membawa band band era baru ini masuk ke dalam lagu-lagu jenny. jika di lawankan dengan 3 orang lain di band ini yang notabene adalah metalheads di masalalunya, cukup heran juga kenapa banyak orang yang menyimpulkan bahwa band ini sangat terpengaruh dengan referensi tersebut. lebih-lebih lagi, selama 8 tahun, permintaan saya untuk mengcover the strokes hanya di kabulkan sekali (the way it is) dan sekali untuk libertines (time for heroes), dan hanya itu saja. lagu-lagu dari The Ramones malah yang sangat sering kami sisipkan di setlist kami. apa yang terjadi di dalam band ini hanya kami yang tahu, bahkan ketika ada yang menyebut salah satu lagu kami plagiat dari lagu milik the strokes, kami tidak perlu menyangkalnya, selama kami yakin bahwa band ini tidak pernah menggunakan pola-pola penciptaan karya dengan nama plagiarism. kami punya 1 track berjudul 'manifesto postmodernism' dari album manifesto untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini. tapi saya punya nadar, kalo pete sama carl baikan lagi, trus libertines reunite, saya akan memaksa FSTVLST maen cover lagu mereka lagi! atau saya keluar dari band ini!!! :))

manifesto dan album baru..apa yg beda dan prosesnya..?
manifesto adalah album dokumentasi. perlu 6 tahun lebih untuk membuat album itu. adalah album tanpa konsep. selama itu kami hanya membuat dan membuat dan membuat materi tanpa konsentrasi pada konsep. ini kemudian yang jadi inti dari 'manifesto', pencarian identitas band ini, dari banyak sisi. lagipula, menurut kami, jika ada band yang punya album pertama dan bilang album itu punya konsep blablabla dan blabla, ahh.. f**k that!, bullshit. album selanjutnya adalah album pertama FSTVLST , dan ini juga tidak akan pernah bisa kami rumuskan dalam sebuah rencana besar konsep atau apapun itu namanya. kemudian apa yang akan beda? energinya, entah akan lebih meluap karena semangat dan darah baru di band ini, atau akan melunak karena saya dan roby sudah 8 tahun lebih tua sejak lagu pertama di manifesto di buat. kami tidak berharap banyak, dan tidak berharap anda berharap banyak atas album ini selanjutnya. well see. 

yg ditawarkan dari album baru ini?
ALMOST ROCK BARELY ART

banyak kalangan/media yang sering mengangkat istilah "band daerah", apakah Jenny cukup terbebani dengan hal itu?
tidak, sama sekali tidak, kami tidak di pola-pola tersebut. apapun nama yang di berikan, band daerah, band indie, band cutting edge, atau apapun itu, dengan amat sangat sadar kami tidak ingin disitu. band ini hanya ingin menjadi festivalist pada harafiahnya. berkarya dan mempresentasikan kepada lebih banyak, bersenang-senang, lalu sudah. tentusaja menuju cita-cita besar yang kami juga punya. 

apa tanggapan FSTVLST tentang free download?
kami menghalalkan free download. 2 single terakhir kami rilis di social media, gratis untuk di unduh. kami pikir tidak ada ruginya bagi kami untuk menggratiskan karya kami, malah yang didapat, karya tersebar cepat dan kemungkinan jangkauan penyebarannya meluas sampai kepada audience baik yang di dalam target maupun yang diluar segmen. tepat untuk band seperti kami yang melakukan distribusi karya sendiri. sementara kami masih bisa menjual merchandise, special packed CD, artworks dan cari uang dari panggung ke panggung sebagai sumber pendapatan band.


Di pos ulang oleh Gulita Benderang

Terimakasih KVLT magazine

No comments:

Post a Comment