POSTER


Band ini selooooo banget, itu yang sering terucap diantara kami ketika sedang rapat untuk panggung terdekat atau sekedar ngobrol tentang FSTVLST. Selo adalah istilah bahasa jawa populer yang berarti: lega, santai, punya banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal tidak penting (setidaknya menurut orang lain). Contohnya adalah bagaimana kita sejak sekian lama  membuat poster publikasi kami sendiri untuk event yang sebenarnya publikasinya sudah dibuat oleh penyelenggara acara. Kenapa? karena jarang sekali kami suka dengan poster yang dibuat panitia yang selalu penuh dengan pesan promotor, logo sponsor, dengan visualisasi yang begitu-begitu saja. Suka dalam artian, bisa mewakili identitas kami. Jadi kami buat sendiri poster, persis seperti yang kami inginkan, walaupun terkadang malah membuat kami kerepotan sendiri.Ya.. sekali lagi, Karang Yo Seloo…

Wacana rock poster sendiri bukan hal baru di dunia musik, teman-teman yang mungkin belum tau, silahkan maksimalkan google anda, ketik query rock poster, music poster, art rock poster atau rock concert poster. Baca, lihat dan dapati betapa poster adalah salah satu bagian penting dari perkembangan musik dunia. Rock poster adalah salah satu perempatan sibuk antara music dan senirupa. FSTVLST ingin menjadi bagian dari culture tersebut, dan sudah kami mulai sejak kami masih kuliah di fakultas seni rupa ISI Yogyakarta sampai sekarang. Poster-poster yang kami buat kemudian juga berfungsi sebagai alat pengarsipan pergerakan band ini dan juga cinderamata yang bisa dimiliki oleh teman-teman semua.

Kami sedang menyiapkan beberapa project visual untuk FSTVLST, salah satunya adalah lebih sering membuat poster-poster ini yang nantinya bisa dimiliki oleh teman-teman, entah dengan cara mengambilnya dari tembok tempat poster ini tertempel, adu keberuntungan saat kita bagikan poster dari atas panggung, nyolong dari kamar teman, atau dengan membelinya dari merchman kami seperti selayaknya membeli kaos merchandise band.

Gulita Benderang

No comments:

Post a Comment