AKULAH IBUMU - Official Video - HITS KITSCH 2015

Paska rilis HITS KITSCH, FSTVLST memutuskan untuk membuat video klip kedua untuk album ini. Sebelumnya video klip pertama untuk lagu 'Orang-Orang Di Kerumunan' sudah kami rilis secara resmi di channel youtube kami, klik disini untuk melihat video tersebut. 

Berawal dari obrolan tipis-tipis sejak masa proses persiapan album dengan mas Ganesya Gandoz, seorang teman yang juga sutradara dan film maker untuk berkolaborasi membuat video klip. Obrolan berlanjut menjadi serius, menjadi saling tantang ide dan konsep dan mensinergikannya menjadi sebuah kolaborasi yang maksimal. FSTVLST kemudian memilihkan track berjudul 'Akulah Ibumu' yang dibuat video klip-nya. Sebuah pilihan lagu yang kami tahu tidak akan mudah dikerjakan oleh mas Ganesya bersama timnya, Labide Films. Kenapa menurut kami tidak akan mudah, lagu ini bagi FSTVLST adalah salah satu lagu yang secara konsep termasuk paling kuat di album HITS KITSCH, juga track yang lumayan panjang (hampir 6 menit) dan ada kolaborator vokalis perempuan dalam lagunya. Tantangan menarik bagi FSTVLST dan Labide Films. 

Kerja kolaborasi yang disepakati diawal project berjalan sangat menarik, tumbukan-tumbukan ide makin memperkaya konsep, solusi atas permasalahan teknis yang dihadapi juga semakin mudah disepakati. Prinsip gotong royong menjadi tema besar dalam proses pembuatan video ini, mulai dari man power, pembiayaan, peralatan dan segala aspek teknis lain dijalankan dengan usaha bersama. Beberapa kali brainstorm untuk menyelaraskan logika dan rasa lagu akhirnya memunculkan kesepakatan ide dan rencana eksekusi pembuatan video ini. Dengan tim kecil yang kompak dan bisa bekerja maksimal, proses pembuatan video klip ini berjalan lancar dengan hambatan yang tidak signifikan. Syuting selama 2 hari penuh mengambil lokasi di Pantai Kesirat Gunungkidul, Gumuk Pasir Parangkusumo dan hutan pinus di Imogiri. 

Video 'Akulah Ibumu' tidak secara gamblang menggambarkan isi lagu 'Akulah Ibumu', kami berusaha memberikan lapisan-lapisan atas cerita yang tertulis di teks dan musik di lagu itu dengan visualisasi scene, adegan, figur dan keseluruhan nuansanya. Bukan untuk menyembunyikan makna, namun lebih untuk menajamkan rasa atas apa yang ingin kami sampaikan lewat 'Akulah Ibumu'. Hadirlah sosok lelaki berumur menggambarkan figur kakek atau bapak yang diperankan oleh seorang penggiat dan guru/ dosen ilmu peran, Pak Prit Timothy Prodjosoemantri, lalu sosok penari yang merepresetasikan sosok ibu dan alam semesta yang diperankan oleh Ibu Uti Setyastuti, seorang praktisi dan guru/ dosen tari, dan seorang anak kecil yang muncul di ujung video. Ketiga sosok tersebut adalah kunci dari jalinan cerita dalam video ini, kami tidak akan memaparkan rangkaian-rangkaian premisnya, atau membicarakan kesimpulannya. Silahkan menjalinnya sendiri menjadi cerita yang makna dan rasanya mengendap dengan sendirinya. Klik di sini untuk melihat video 'Akulah Ibumu'.

Video ini pertama kalinya dipresentasikan ke publik di acara Konser TANAH INDAH, Februari 2015. FSTVLST mengucapkan terimakasih kepada mas Ganesya dan tim Labide Films, para talent (cast), pendukung produksi, dan seluruh anda yang telah sekali lagi memutuskan untuk mendukung FSTVLST.

2 comments:

  1. next lagu di album HITS KITSCH lainya apakah akan di buat album juga? #tanya

    ReplyDelete
  2. Gemilang sejarahku hanyalah menara debu. Tak sebanding dengan apapun itu, tak bisa di bandingkan dengan pengorbanan seorang ibu. Jujur aja ini lagu yang paling aku tunggu official videonya bang. Menurut ku lagu ini kuat banget. Mantap lah.

    ReplyDelete